31
Mei

PROGRAM JAKSA MASUK SEKOLAH (JMS) DI SMP NEGERI 2 KEDIRI

SMP Negeri 2 Kediri berkerjasama dengan Kejaksaan Kota Kediri mengadakan program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) yang bertempat di SMP Negeri 2 Kediri.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Selasa, 31 Mei 2022 mulai pukul 09.00 WIB sampai 12.00 WIB. Program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) yang diadakan di SMP Negeri 2 Kediri bertema “Kenali Hukum, Jauhi Hukuman”, dan program JMS bertujuan untuk memberikan wawasan tentang kesadaran peserta didik akan pentingnya kesadaran hukum sedari dini.

Program JMS dihadiri oleh Sekertaris Dinas Pendidikan Drs. H. R. Marsudi Nugroho, M.Pd., Kepala SMP Negeri 2 Kediri, H. Agung Budi Luwarno, M.Pd., dan Pemateri dari Kejaksaan Kota Kediri, Novan Sofyan, S.H., Wahyu Wasono, S.H. M.H., Ashar, S.H. beserta rombongan, dan Bapak/Ibu Guru dan Karyawan SMP Negeri 2 Kediri, serta peserta didik yang aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler SMP Negeri 2 Kediri, meliputi: PMR, KKR, Pramuka, Osis, Remas, dan Satgas Anti Narkoba.

Pembukaan di mulai pukul 09.00 WIB yang bertempat di Aula Utama SMP Negeri 2 Kediri. Disambut pengantar yang disampaikan oleh Kepala SMP Negeri 2 Kediri, H. Agung Budi Luwarno, M.Pd., beliau berpesan kepada peserta didik yang mengikuti kegiatan JMS untuk mengikuti Program tersebut dengan baik, dan bertanya apabila ada yang perlu ditanyakan.

Kegiatan Program JMS resmi di buka oleh Sekertaris Dinas Pendidikan Drs. H. R. Marsudi Nugroho, M.Pd., beliau berpesan kepada peserta didik SMP Negeri 2 Kediri tentang pentingnya untuk pemahaman akan Bullying di sekolah, kekerasan seksual, dan program pelajar Pancasila.

Program JMS resmi dibuka, dan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Kejaksaan Kota Kediri, yakni Novan Sofyan, S.H., yang menerangkan dan menjelaskan kepada peserta didik  akan pentingnya pemahaman tentang kenakalan remaja, disamping itu, untuk menjaga diri dari lingkungan yang membuat pelajar terjerumus dalam lingkungan yang buruk. Beliau berpesan akan pentingnya menjadi pelajar yang taat hukum, tertib, dan menjadi pelajar yang cerdas.

Pemateri kedua, dengan tema dan materi yang berbeda, yakni Wahyu Wasono, S.H., menyampaikan kepada peserta didik akan pentingnya cyber crime atau kejahatan lewat internet, dan cyber bullying, atau perundungan lewat internet. Dengan demikian, pelajar mesti paham untuk mengatasi apabila ada teman yang melakukan kejahatan tersebut.

Pemateri ketiga, yang dibawakan oleh Ashar, S.H., kepada para peserta didik, untuk menjauhi Narkoba, dan menjelaskan banyak hal akan kerugian yang diakibatkan oleh narkoba. Disamping itu, pelajar perlu untuk menjauhi narkoba, sebab akan merusak mental, psikis, dan moralitas.

Pemateri dari kejaksaan telah menyampaikan beberapa materi, dan memberikan banyak manfaat pada peserta didik SMP Negeri 2 Kediri, kelas 7 dan kelas 8. Dengan demikian, program Jaksa Masuk Sekolah berakhir. Peserta didik mendapatkan banyak manfaat dari materi yang telah di paparkan oleh pemateri dari kejaksaan. [IS/Adm]